Creative Talents, Lakukan Ini Ketika Selera Pasar Berubah



Berkarya dari hati atau mengikuti selera pasar? 
Pilihan sulit? Tergantung. 
Tergantung memiliki makna yang luas. 

Beberapa waktu lalu penulis bertanya kepada Jennifer Blanchard, seorang professional novelist lulusan jurusan Jurnalis di Utica College. Penulis  bertanya, “Sebagai seorang penulis, ada sebuah masalah klasik. Masalahnya adalah haruskah  menulis berdasarkan apa yang kita ingin tulis atau sesuai genre kita atau genre yang sedang trend? Karena terkadang penjualan buku tidak sejalan dengan usaha penulisnya. Apa yang harus dilakukan?”. 

Jennifer: “When you first starting out, it’s good to write the kind of fiction that you love to read. Because that’s what you’ll know best and able to execute best. After you have some practice, then you can write other genres.

Jadi menurut Jennifer, jika kamu baru ingin menyelami dunia kreatif dengan profesi sebagai penulis, yang pertama kamu lakukan adalah menemukan jati diri.  

Tulislah apa yang kamu ingin tulis, maka kamu akan lupa bahwa kamu sedang menulis, karna saking menikmatinya. Percayalah apa yang kamu baca, lihat, dengarkan, maka itulah yang paling mempengaruhi apa yang ingin kamu buat pertama. Penulis masih butuh pendapat teman kreatif yang lain lagi. 

Akhirnya penulis bertanya pada Aryo Saloko, seorang seniman asal Bandung. Penulis bertanya, “Bagusnya berkarya sesuai hati atau keinginan pasar yang lagi trending ?” 

(baca selengkapnya di https://www.creasi.co.id/readings/134/creative-talents-lakukan-ini-ketika-selera-pasar-berubah )

Comments